Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMBY Kenalkan Virtual Writing Tutor Di SMAN 4 Yogyakarta
13 September, 2023 2023-09-13 9:04Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMBY Kenalkan Virtual Writing Tutor Di SMAN 4 Yogyakarta
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMBY Kenalkan Virtual Writing Tutor Di SMAN 4 Yogyakarta
(Yogyakarta, 13/9), Selama dua bulan menjalankan Program Pengenalan Lapangan (PPL), mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengenalkan metode Virtual Writing Tutor kepada siswa-siswa SMAN 4 Yogyakarta. Metode ini dipercaya mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Berlangsung sejak Juli hingga akhir Agustus 2023, sebanyak delapan mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PPL FKIP) UMBY menjalankan Program Pengenalan Lapangan dengan tujuan mengadaptasikan ilmu yang didapat selama kuliah dengan praktik mengajar di sekolah.
“Kedelapan mahasiswa yang praktik di SMAN 4 Yogyakarta berasal dari empat mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dua mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling (BK) dan dua mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan (IK),” kata Dosen Pembimbing dari Prodi Pendidikan Matematika Nafida Hetty Marhaeni, Selasa (12/9/2023).
Nafida mengatakan PPL merupakan ajang mahasiswa FKIP UMBY untuk memperoleh pengalaman mengajar siswa di kelas secara langsung dan melaksanakan kegiatan praktik persekolahan, sehingga kompetensi mahasiswa semakin bertambah dan semakin mumpuni menjadi calon pendidik yang profesional.
Pada praktik mengajar, salah satu mahasiswa PPL dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Salma Viantika menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Virtual Writing Tutor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kelebihan Platform
Virtual Writing Tutor merupakan platform yang membantu dalam pengembangan penulisan dalam bahasa inggris. Berbagai fasilitas yang ada di Virtual Writing Tutor dapat mempermudah pengguna dalam proses penulisan, seperti mengembangkan ide, memastikan struktur kalimat dan grammar yang ada dalam penulisan.
“Tidak hanya itu, platform tersebut juga dapat memeriksa berapa presentase GPT yang ada dalam penulisan. Hal ini dapat dilakukan pengguna untuk memeriksa keaslian dari hasil tulisan yang diperoleh. Platform tersebut dapat diakses secara gratis, sehingga para siswa dapat memaksimalkan manfaat dari Virtual Writing Tutor,” jelas Salma.
Menurut Salma, penggunaan Virtual Writing Tutor memiliki banyak kelebihan, seperti dapat melihat feedback secara langsung setelah menyalin sehingga penilaian yang diberikan cukup detail dan tidak hanya grammar saja.
Virtual Writing Tutor juga menyajikan penilaian dari punctuation, capitalism, struktur kalimat, dan vocabulary atau pemilihan kata yang ada dalam kalimat tersebut.
Salah satu siswa yang merasa terbantu dengan adanya penerapan Virtual Writing Tutor ini adalah Naca, kelas XIF5. Naca merasa pembelajaran Bahasa Inggris materi narative text semakin mudah dipahami dan mampu meningkatkan motivasi belajar.
Guru Bahasa Inggris, Priyadi Nugroho, menyampaikan sejauh ini dirinya belum pernah menggunakan platform apapun pada materi writing, sehingga sangat terbantu karena platform Virtual Writing Tutor memiliki kelebihan dengan adanya feedback yang spesifik *) sadur G.SunArdhie