Prodi Ilkor UMBY Selenggarakan Kuliah Umum “Kiat Sukses Publikasi Terindex SINTA”

(Yogyakarta 09/01) Progam Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Kiat Sukses Publikasi Artikel Terindex SINTA”. Kegiatan ini bersifat wajib maka mahasiswa dari Prodi Ilmu keolahragaan UMBY untuk mengikutinya. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr Syahruddin M.Kes Wakil Dekan FIK UNM Makassar, moderator Dody Tri Iwandana SPd M.Or AIFO dosen Prodi Ilmu Keolahragaan UMBY. Hadir dalam acara ini Dekan FKIP UMBY Nuryadi SpdSi MPd serta dosen tamu Guntur Firmansyah Kaprodi dan Editor Chief Jurnal Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) dari IKIP Budi Utomo Malang.

Kuliah umum ini membahas bagaimana cara memulai menulis artikel jurnal untuk pemula terutama mahasiswa. Sebagai contoh, ketika seorang mahasiswa ingin memulai bagaimana cara menulis artikel pasti selalu berfikir “darimana ya harus memulainya, serta apa saja yang harus dilakukan”. Oleh karena itu, diadakannya acara Kuliah Umum ini bermaksud agar mahasiswa dapat mengetahui serta memahami apa saja yang harus dilakukan serta bagaimana urutan cara menulis artikel jurnal. Jurnal sebagai bagian dari media komunikasi ilmiah. Apalagi akan ada rencana peningkatan kriteria kelulusan dari Perguruan Tinggi terutama dari Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta bahwa mahasiswa harus membuat sebuah artikel jurnal yang harus dipublikasikan untuk syarat kelulusan.

Bagian penting dari kuliah umum ini narasumber Dr Syahruddin MKes menyampaikan suatu materi cara memulai menulis artikel agar mahasiswa dapat memahami dan untuk mempermudah dalam  tahap memulai penulisan artikel, mulai dari ciri artikel ilmiah, proses penulisan, pra penulisan, penulisan hingga pasca penulisan. Antusias mahasiswa yang ingin mengetahui tentang cara memulai menulis artikel jurnal dapat dilihat dengan pertanyaan yang diajukan oleh beberapa mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Diakhir acara  tamu  Guntur Firmansyah Kaprodi dan Editor Chief Jurnal Ikip Budi Utomo Malang juga menyampaikan apa saja aturan aturan agar publikasi yang ingin dilakukan dapat lolos terverifikasi. Secara garis besar kegiatan Kuliah Umum ini berjalan dengan lancar *)Rep Dody Tri Iwandana – Red G.SunArdhie

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.