Kedepankan Edutechpreneurship, PBI UMBY Raih Akreditasi Unggul

(Yogyakarta, 02/01), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berdiri pada 15 Oktober 2009 silam.

Mendekati berakhirnya 2022 lalu, yakni bertepatan dengan Hari Ibu (22 Desember), PBI UMBY mendapatkan peringkat akreditasi Unggul berdasarkan SK No.: 881/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2022 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDik).

Menurut Dekan FKIP UMBY, Nuryadi SPd Si MPd, prestasi tersebut kian membuktikan kualitas PBI UMBY kepada publik sebagai Prodi yang unggul dan berwawasan internasional melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Bahkan PBI UMBY tetap konsisten ataupun mengedepankan edutechpreneurship untuk menghasilkan lulusan yang berintegritas tinggi serta siap Angudi Mulyaning Bangsa.

“Kami sangat bersyukur atas raihan akreditasi Unggul ini. Ditambah lagi pada akhir 2022PBI UMBY juga berhasil sebagai juara I perolehan Audit Mutu Internal terbaik di tingkat universitas serta juara I kelengkapan data kuantitatif oleh Biro Akreditasi,” urai Nuryadi.

Hal senada diungkap pula oleh Elysa Hartati SPd MPd sebagai Ketua Prodi PBI UMBY atas capaian prestasi tersebut. Bahkan semakin memotivasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan kualitas secara kontinyu dan bisa terus dibudayakan.

“Kami patut bersyukur atas segala pencapaian ini. Kerja keras kami untuk mengembangkan PBI UMBY menjadi Prodi yang unggul di bidang edutechpreneurship telah kami raih,” jelas Elysa, akhir pekan lalu.

Ditambahkan Elysa, berbagai capaian prestasi penting lain juga telah diraih PBI UMBY, antara lain 100 persen dosen tetap program studi (DTPS) memiliki prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Seratus persen DTPS juga sudah memiliki jabatan fungsional dari Asisten Ahli sampai Lektor Kepala. Rasio dosen dan mahasiswa juga sangat ideal pada angka 1:27,” terangnya

Kurikulum yang digunakan PBI UMBY, lanjut Elysa, sudah dirancang dengan sangat modern dan futuristik melalui pendekatan (Factual, Conceptual, Procedural, Metacognitive (FCPM) di setiap kegiatan pembelajaran.

Terbukti pada 2021 lalu, PBI UMBY mendapatkan juara I di tingkat universitas pada penyusunan kurikulum dengan Outcome based Education (ObE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

PBI UMBY juga mampu menyelenggarakan kegiatan MBKM secara mandiri, di samping ada juga beberapa mahasiswa Prodi yang terseleksi mengikuti MBKM oleh Kemendikbud dan Kemensos.

“Hal ini juga dibuktikan dengan perolehan juara I Lomba Implementasi MBKM oleh Biro Pembelajaran di UMBY pada 30 Desember 2022,” ungkap Elysa.

Masih menurutnya, PBI UMBY telah mampu menyelenggarakan student exchange keluar negeri dengan mendelegasikan mahasiswa dalam program SEA-Teacher.

Ada tujuh mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut dengan penempatan di Filipina dan Thailand. Dua diantara mahasiswa yang mengikuti program tersebut berhasil meraiht predikat Best Blog.

“Kompetisi yang digelar SEA Teacher tersebut diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai negara di Asia Tenggara,” jelas Elysa. *)Rep.  Elysa Hartati-Red G.Sunardhie

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.