Prodi Ilkor UMBY Bantu Screening  Fisik Atlit Tinju KONI Bantul

(Yogyakarta, 29/8), Prodi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta membantu atlit tinju KONI Kabupaten Bantul untuk tes kondisi fisk. Tes kondisi fisik ini dilaksanakan di hall indoor Kampus 1 Jl. Wates Km 10, Sedayu, Bantul. Test yang dilakukan yaitu side step agility test, power tungkai, power lengan, vo2max. Jumlah atlit tinju yang ikut kegiatan ini ada 12 atlit.Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara UMBY dan KONI Bantul dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ardhika Falaahudin kaprodi Ilmu Keolahragaan FKIP UMBY mengatakan bahwa kondisi fisik menjadi salah satu modal utama bagi seorang atlit, karena kondisi fisik menjadi screening awal para atlit dalam mempersiapkan performa dalam olahraga yang akan dilakukan. Terlebih apabila atlit akan melakukan petandingan, jika kondisi fisik buruk tentu akan berpengaruh pada capaian prestasi atlit yang kurang maksimal.

Olahraga tinju membutuhkan fisik yang prima, akurasi pukulan dan naluri yang baik antara mata, tangan dan pikiran sehingga atlet wajib menjaga dan mengatur ritme setiap serangan dan pertahanan untuk mencapai prestasi terbaiknya “inilah pentingnya tes analisa kondisi fisik atlit untuk mengetahui kesiapan atlit dalam mengoptimalkan persiapan pertandingan” imbuhnya. Diharapkan kerjasama penyelenggaraan tes fisik ini bisa membantu atlit dalam meningkatkan performa dan prestasi untuk mencapai target juara umum Porda DIY. *) Rep Dody – Red GSunArdhie

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.