Bertabur Prestasi, 10 Produk Media Pembelajaran Karya Mahasiswa UMBY Peroleh Hak Kekayaan Intelektual

Farah Farafidah Mhs Prodi Matematika UMBY

(Yogyakarta, 24/8),  Sepuluh produk pembelajaran karya mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta UMBY telah memperoleh hak kekayaan intelektual (HKI) Cipta. Inovasi ini merupakan implementasi sistem pembelajaran dengan konsep Ooutcome-based Education (OBE). Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY Nuryadi mengatakan, OBE merupakan salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk mewadahi tuntutan pendidikan abad 21.

 Perkuliahan dengan sistem ini tidak hanya fokus pada materi yang harus diselesaikan, tapi juga output yang dihasilkan.  Jika OBE dibudayakan maka akan menjadikan mahasiswa memiliki keterampilan penting yang dibutuhkan saat dunia kerja nantinya,” ujarnya, Selasa (23/8/2022). Hal ini direspons cepat oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UMBY. Tantangan ini dijawab dengan keunggulan yang dimiliki berupa konsentrasi multimedia pembelajaran matematika. Mahasiswa dituntut mampu mengembangkan media pembelajaran yang dapat diadopsi masyarakat dan sesuai tuntutan pendidikan.   

 “Sudah ada 10 produk karya mahasiswa memiliki sertifikat pencatatan ciptaan (HKI Cipta),” kata Sekretaris prodi Pendidikan Matematika UMBY, Arie Purwanto, Salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematikan UMBY, Farah Farafidah mengatakan, selama kuliah mereka dibekali keterampilan agar ketika lulus dapat diterapkan didunia kerja. Mereka diajarkan membuat model pembelajaran untuk bisa diterapkan di masyarakat.  “Kami juga dibekali cara membuat artikel ilmiah yang dimuat pada Prosiding dan Jurnal terkreditasi. Mahasiswa juga membuat produk yang bermanfaat dan memiliki sertifikat HKI,” katanya. *) Red-GsunArdhie-sadur https://yogya.inews.id/


Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.