VERRA, MAHASISWA PMAT UMBY NULIS PUISI BARENG KICK ANDY

(Yogyakarta. 15/6) Menulis merupakan salah satu kecakapan yang perlu dikembangkan dan dimiliki oleh setiap manusia. Melalui menulis, manusia dapat memperkuat daya ingat, menjadikan hidup lebih produktif, meningaktkan kemampuan bahasa, dan meningkatkan kreativitas. Beberapa karya yang dihasilkan melalui menulis adalah cerpen, geguritan, pantun, artikel, dan puisi.

Bulan Januari 2022 kemarin, Vitriya Mardiyati, founder Komunitas Yuk Menulis (KYM) menyelengagrakan seleksi menulis Puisi berkolaborasi dengan Andy F. Noya atau yang biasa kita kenal dengan Kick Andy. Berkat info yang diperoleh dari salah satu anggota KYM, Ibu Nur Hidayati, S.Pd.I. Guru Matematika MAN 1 Kulon Progo, dosen dan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta ikut berpartisipasi mengikuti seleksi lomba ini. “KYM telah menyelengagrakan berbagai macam event menulis seperi menulis pentigraf, geguritan, cerpen, puisi, dll. Untuk event kali ini, yaitu menulis puisi berkolaborasi dengan Kick Andy bertemakan Kebaikan dan Motivasi Hidup. Peserta wajib membuat puisi 8-10 baris puisi dan jika lolos akan memperoleh buku dan pin khusus dari KYM” Ungkap Nur Hidayati, S.Pd.I. selaku Ketua Tim.

Beberapa bulan setelah deadline pengumpulan karya, tepatnya pada tanggal 5 April 2022 diumumkan jika mahasiswa dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta lolos seleksi, yaitu Verra Arischa Kustantina dan Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. “Masih tidak percaya, kalau karya kami dapat ikut berada di halaman puisi kolaborasi bersama Kick Andy. Puisi yang dosen saya buat berjudul Pasrah dan yang saya buat berjudul Believe, motivasi hidup yang saya pegang sampai saat ini” Ungkap Verra.

Nafida menambahkan bahwa “Ada 124 puisi yang juga ikut lolos seleksi dari berbagai macam latar belakang penulis, mulai dari siswa, guru, bidan, mahasiswa, bahkan pengasuh pondok pesantren. Puisi-puisi kami terangkum dalam buku puisi berjudul Doa dan Cahaya yang diterbitkan CV Kekata Group, Surakarta”.

“Kenapa di acara Kick Andy, yang sudah berjalan selama 15 tahun, saya membagikan buku-buku gratis bahkan sampai hari in? Sebenarnya ini merupakan pembalasan dendam saya, karena dulu dalam kemiskinan, saya tidak bisa membeli buku. Buku dapt mengubah hidup saya”. Tulisan Kick Andy di halaman pertama buku Doa dan Cahaya (* Rep. Nafida-Red. G.SunArdhie)

 

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.