UMBY Gelar Seminar Penerapan Growth Mindset Bagi Guru Bimbingan Konseling

( YOGYAKARTA 19/5) – Biro Pemasaran Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY menggelar seminar bertema Penerapan Growth Mindset sebagai Alternatif Layanan Pemahaman Individu Bagi Siswa, Rabu (18/5/2022). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu sarana silaturahmi UMBY dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling atau MGBK dari Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kulonprogo.

Seminar yang diselenggarakan di Auditorium Kampus 3 UMBY Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta ini dibuka oleh Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP dan dihadiri oleh Kepala Biro Pemasaran UMBY Zaenal Wafa S. Kom M.Kom dan Kepala Bagian Pemasaran Sekolah Menengah Atas, Abdul Hadi S.Pd M.Pd.

Selanjutnya hadir pula Kepala Bagian Pemasaran Instansi, Fachmi Budi Setyawan S.Psi M.Psi;  Kepala Bagian Humas UMBY, Widarta SE MM; Kepala Bagian Pemasaran Media UMBY, Ikhsan Fauzi Adha S.Kom; dan seluruh Staff Biro Pemasaran UMBY. Seminar ini diikuti 150 peserta yang merupakan guru Bimbingan Konseling SMK dan SMA asal Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kulonprogo.

Rektor UMBY, Dr Agus Slamet menyampaikan rasa terima kasih kepada guru Bimbingan Konseling dari Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kulonprogo yang telah hadir dalam acara seminar tersebut. Ia berharap jalinan kerja sama dan silaturahmi antara UMBY dengan SMA/SMK Sleman, Bantul, Kulonprogo akan terus terjalin dan dapat bermanfaat untuk kedua belah pihak.

“Kami haturkan terimakasih kepada bapak/ibu yang telah menjalin kerjasama dan silaturahmi  kepada UMBY, semoga kerjasama ini meningkatkan dan menghasilkan suatu hal yang baik dari kedua belah pihak, baik itu MGBK Sleman, Bantul, Kulonprogo dan UMBY,” terang Agus.

Selain seminar, dalam acara ini juga berlangsung penandatanganan kerja sama (MoU) antara UMBY dengan MGBK SMA Sleman yang diwakili oleh Eko Yuliyanto S.Pd, Mawardi S.Psi M.Psi dari MGBK SMK Sleman, Hartuti S.Pd M.Psi perwakilan MGBK SMA Bantul. Kemudian, Suparjana S.Pd dari MGBK SMK Bantul, dan MGBK SMA Kulonprogo oleh Sutardi S.Psi. Penandatangan kerja sama ini dilakukan dan disahkan oleh Rektor UMBY Dr Agus Slamet.

Selain itu, acara ini juga memaparkan Presentasi Profil Kampus UMBY oleh Zaenal Wafa S.Kom M.Kom dan Campus Tour yang bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas yang ada di Kampus 3 UMBY meliputi Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Fikomm, Laboratorium Psikologi, Ruangan kelas 103, Tata Usaha Fikomm, BOP, Ruang Marketing, Tata Usaha Psikologi, Tata Usaha Ekonomi, Amphiteather, Masjid dan Lapangan.

Kepala Biro Pemasaran, Zaenal Wafa S.Kom M.Kom menyampaikan acara  silaturahmi MGBK dengan UMBY bertujuan untuk menjalin kerja sama antara lembaga pendidikan khususnya UMBY dan Guru Bimbingan Konseling di Kabupaten Sleman, Bantul dan Kulonprogo.

Menurutnya, acara ini diadakan untuk menjalin  komunikasi dan kerja sama antar instansi, bukan hanya sekadar silahturahmi namun juga membahas terkait materi growth mindset.

“Growth mindset sangat di perlukan bagi siswa dalam mengatasi suatu masalah. Jika siswa mempunyai pandangan growth mindset maka dia dapat menyelesaikan suatu masalah dengan perasaan optimis,” jelas Zaenal.

Nara sumber seminar, Narastri Insan Utami M.Psi Psikolog mengatakan, mindset disebut cara berpikir atau paradigma berpikir ataupun pola pikir. Sedangkan pola pikir Growth Mindset memungkinkan seseorang lebih adaptif dan mampu menghadapi tantangan dalam berbagai situasi dan kondisi, mendorong untuk terus belajar dan tidak bosan mempelajari sesuatu yang belum dikuasai, meyakini bahwa kesuksesan adalah ketika mereka belajar sesuatu dan meningkatkan kemampuan dirinya, dan merasa bahwa kegagalan adalah hal yang memotiviasi.

“Peran Guru dalam membangun Growth Mindset siswa yaitu dengan meyakini bahwa kecerdasan, kepribadian, karakter siswa selalu bisa bertumbuh dan berkembang, membangun budaya agar siswa menyukai tantangan, lebih memberikan penghargaan pada proses belajar bukan hasil, memberikan keyakinan bahwa kegiatan atau kesalahan bukanlah hal yang harus ditakuti,” terang dosen Psikologi UMBY.

Ketua MGBK SMA Bantul, Hartuti S.Pd M.Psi, mengatakan acara ini sangat bermanfaat. Sebab, even ini menjadi wahana membangun komunikasi intens antar MGBK dengan kampus UMBY. Apalagi, kegiatan semacam ini membuka wawasan informasi yang bisa disampaikan ke siswa-siswi dalam memilih perguruan tinggi. Sehingga, para guru BK bisa memberikan informasi yang detail kepada siswa.

“Tema seminar Growth Mindset ini sangat bagus karena bisa diterapkan oleh guru-guru Bimbingan Konseling untuk memahami karakterisitik siswa. Dengan adanya MoU ini, semoga kedepannya bisa terjalin kerjasama yang positif dan semoga acara ini bisa digelar setiap tahun,” papar  Hartuti dalam seminar bertema Penerapan Growth Mindset sebagai Alternatif Layanan Pemahaman Individu Bagi Siswa yang diikuti Guru Bimbingan Konseling. Acara ini digagas oleh Biro Pemasaran UMBY. (Rep Luky Kurniawan, Red-G.SunArdhie)

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.