Pendidikan Matematika UMBY Jalin Kerjasama dengan UAA Yogyakarta
30 January, 2020 2023-07-31 9:08Pendidikan Matematika UMBY Jalin Kerjasama dengan UAA Yogyakarta
(Yogyakarta, 30/20) Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkesempatan bersilatuhrahmi ke Pendidikan Matematika Alma Ata (UAA) Yogyakarta, pada Jumat (24/1/2020). Silatuhrahmi ini bertujuan untuk menguatan nilai-nilai pendidikan matematika berbasis ethomatematika dan robotik yang menjadi kosentrasi Prodi Pendidikan matematika UMBY serta untuk menjalin kerjasama berupa nota kesepahaman atau MoA antara pihak Jurusan Matematika UMBY dengan Pendidikan Matematika UAA
Kunjungan dari UMBY dipimpin langsung oleh Kepala Laboran Pengembangan Pembelajaran Etnomatematika dan robotik, Nuryadi S.Pd,Si.,M.Pd dan diterima langsung oleh Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UAA, Rino Richardo, S.Pd., M.Pd di ruang utama UAA. Kerjasama tersebut meliputi memanfaatkan kemampuan kedua pihak dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pendidikan Menengah Pertama yang meliputi pendidikan dan pengajaran termasuk implementasi Produk dan Inovasi-inovasi Pembelajaran berbasis Etnho dan Robotik.
“Prodi Pendidikan Matemaika UMBY mengembangkan program pembelajaran berbasis ethnomatematika agar pelajaran matematika lebih mengasikkan dengan sentuhan kearifan local. Tujuannya agar setiap siswa mampu memahami budaya lokal tempatnya masing-masing sekaligus dapat menghubungkannya dengan ilmu matematika, selain itu juga dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi yang dewasa ini mengarah kepada Robotik,” tandas Nuryadi.
Sementara itu Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UAA sangat mengapresiasi dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak UMBY terutama Jurusan Pendidikan Matematika karena telah bersedia dan meluangkan waktunya untuk menjalin kerjasama dengan Penddidikan matematika UAA .
“Semoga dengan program pembelajaran berbasis Etnhomatematika dan robotik ini semakin memperkuat pengembangan pembelajaran Matematika menuju Era 4.0 dan 5.0,” tandas Rino.