Kuliah Prodi BK UMBY, Hadirkan Praktisi Bimbingan dan Konseling

(Yogyakarta, 03/01), Program studi Bimbingan dan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan kuliah dengan menghadirkan pakar praktisi bimbingan dan konseling, Anisa Handayani.

Di mana Anisa Handayani merupakan guru bimbingan dan konseling berprestasi yang saat ini menjadi konselor di Sekolah Kesatuan Bangsa, Semarang.

Sebagaimana release Humas UMBY, Senin (2/01/2023) kegiatan ini digelar secara online melalui aplikasi zoom dan diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari mahasiswa bimbingan dan konseling UMBY dan umum.

Sekretaris program studi BK FKIP UMBY, Eka Aryani, dalam sambutannya mengungkapkan, agenda kuliah umum ini selain memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar secara langsung mengenai praktik pengelolaan bimbingan dan konseling yang tidak hanya berfokus pada pendekatan pemecahan masalah. Akan tetapi justru pendekatan proaktif melalui layanan pengembangan minat dan bakat siswa.

“Dengan adanya era baru, tantangan baru, maka guru bimbingan dan konseling penting untuk tidak hanya fokus pada problem approach tetapi juga pada pengelolaan potensi siswa,” papar Eka Aryani.

Sementara itu Anisa Handayani mengatakan membagikan trik mengelola layanan bimbingan dan konseling yakni kunci utamanya tidak hanya dengan menjalankan program yang berbasis penyelesaian problem. Namun juga program yang menguatkan potensi diri siswa.

“Melalui program tersebut, kehadiran guru bimbingan dan konseling memiliki peran signifikan dalam membangun relasi orangtua, siswa dan sekolah untuk menjadi mitra yang saling memberikan masukan untuk kemajuan siswa maupun sekolah,” jelas Anisa Handayani. *) Rep Eka Aryani-Red. G.SunArdhie

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.