Berguru ke PSS, PSIM dan Bima Perkasa Mahasiswa Ilkor UMBY Belajar kehumasan dan media officer

(Yogyakarta, 27/12) Mahasiswa Ilmu Keolahragaan (Ilkor) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti pembelajaran luar ruangan dalam program mata kuliah Komunikasi dan Publikasi Olahraga. Mahasiswa diajak untuk berkenalan dengan dunia kehumasan dan media officer organisasi olahraga profesional secara tatap muka sebagai upaya memberikan pilihan berkarier ketika menyelesaikan perkuliahan nantinya.

Dalam tiga pertemuan secara bergantian pada Selasa (06/12/2022), Rabu (14/12/2022) dan Selasa (20/12/2022), mahasiswa diajak untuk bertandang ke kantor PSSleman, PSIM dan Bima Perkasa Jogja. Tiga organisasi olahraga tersebut saat ini turut serta dalam kompetisi profesional Indonesia dalam cabang olahraga sepakbola dan basket.

Kaprodi Ilkor FKIP UMBY, Ardhika Falaahudin, S.Pd., Jas., M.Or mengatakan kuliah lapangan ke beberapa organisasi olahraga profesional merupakan upaya mengenalkan lebih dekat dunia kehumasan dan media officer pada mahasiswa. Dunia komunikasi menurut dia adalah hal baru bagi mahasiswa Ilkor yang selama ini mempelajari tentang keolahragaan secara detail.

“Prodi ingin mengenalkan lebih jauh tentang profesi-profesi tentang keolahragaan yang ternyata sangat luas. Kami berharap mahasiswa memiliki nilai lebih ketika nantinya lulus dan memilih bidang berkarya,” ungkapnya, Jumat (23/12/2022).

Sementara, salah satu dosen Ilkor FKIP UMBY, Antonius Tri Wibowo S. Pd., Kor., M.Or menambahkan saat ini ada beberapa bidang profesi keolahragaan yang bisa dipilih mahasiswa untuk berkarier. Salah satunya prodi mengenalkan bidang kehumasan dan media officer yang dibutuhkan semua organisasi keolahragaan.

“Kami ingin memberikan opsi pilihan profesi ketika nantinya mahasiswa selesai kuliah. Karena itu kami ingin mengenalkan pilihan-pilihan yang masih sangat dekat dengan dunia keolahragaan. Salah satunya bagaimana mahasiswa berkenalan dengan dunia kehumasan dan media officer yang ternyata memegang peran penting dalam organisasi olahraga, dari cabang apapun,” terang dia.

Dosen pengampu mata kuliah Komunikasi dan Publikasi Olahraga, FX Harminanto menambahkan mahasiswa keolahragaan memiliki potensi untuk terjun ke organisasi olahraga karena sudah memiliki basic pengetahuan tentang berbagai cabang. “Kami sengaja mengajak mereka ke lapangan, berdiskusi dan mendengar cerita ekspert yang memang bekerja di bidang kehumasan maupun kemediaan di organisasi olahraga profesional. Harapannya ini jadi bekal dan pilihan untuk mereka berkarier nanti,” pungkas dia. (Rep. Antonius TW- Red G.SunArdhie)

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.