Tim PkM Pendidikan Matematika UMBY Latih Guru Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android

(Yogyakarta, 18/11), Pesatnya perkembangan teknologi memberikan alternatif media pembelajaran yang beragam. Jika mulanya media pembelajaran masih terbatas konvensional saja, kini di era serba digital semakin banyak aplikasi ataupun website media pembelajaran yang bisa digunakan. Hal ini sangat diperlukan oleh guru di SMA Negeri 1 Pengasih yang memiliki motivasi tinggi untuk dapat beradaptasi dengan teknologi yang pesat berkembang.

Melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yakni Naela Faza Fariha, S.Si., M.Sc. dan Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., berkolaborasi dengan mahasiswa yang baru saja lulus yakni Ardhika Fajar Ramadhan, S.Pd, yang memberikan pelatihan demi pelatihan berkaitan dengan teknologi yang rutin dilakukan.

Ketua Tim PkM Naela Faza Fariha, S.Si., M.Sc., mengatakan bahwa kali ini kami memberikan pelatihan bertajuk pembuatan media pembelajaran berbasis android. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat Sekolah, dan diikuti oleh 30 guru SMA N 1 Pengasih, pada Kamis (10/11/2022)

“Pelatihan dimulai dengan teori-teori mengenai macam-macam media pembelajaran dan dilanjutkan dengan praktik membuat media pembelajaran berbasis android,” Ujar Naela, Ketua Tim PkM.

Ardhika Fajar Ramadhan, S.Pd menjelaskan bahwa pada prakteknya, Tim PkM telah mendesain slide-slide media pembelajaran di Microsoft Power Point sebagai bahan uji coba guru, sehingga guru dapat langsung praktik memberikan koding pada tiap slide powerpoint tersebut.

“Pada menu kuis, guru diajarkan untuk mengintegrasikan dengan aplikasi iSpring Suite dan untuk konversi pada android menggunakan bantuan aplikasi web2 apk,” jelas Ardhika dalam siaran pers.

Drs. Rustam Jastana, mewakili Kepala Sekolah SMA N 1 Pengasih mengaku pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh UMBY sangat membantu guru-guru untuk beradaptasi dengan teknologi. Terlebih, tuntutan Pendidikan yang semakin digital menjadikan pelatihan yang dilakukan sangat dibutuhkan.

Sementara itu, Suratna, S.Pd., M.Eng. mewakili guru-guru di SMA N 1 Pengasih berharap berharap pelatihan ini dapat berkelanjutan ditahun berikutnya dan tetap dilakukan oleh tim PkM UMBY, karena kami sangat membutuhkan pelatihan yang sangat bermanfaat dan berguna untuk mendukung kompetensi kami sebagai guru. *) Sadur -Red.GsunArdhie

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.