Prodi Matematika UMBY Raih Akreditasi Unggul “Tak Ingin Jadi Momok”

(Yogyakarta 14/11) Program Studi S-1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mendapat akreditasi Unggul berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan No. 578/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022. Prodi tersebut diharapkan terus meningkatkan kualitas sekaligus membumikan Matematika yang selama ini dianggao sebagai momok.

Rektor UMBY, Dr Agus Slamet, mengatakan akreditasi unggul yang diraih tentunya akan dijadikan sebagai semangat dalam melaksanakan tugas akademik dan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, untuk kemajuan bangsa dan negara. Melalui pelayanan yang maksimal, maka implementasi dari status Unggul bisa terealisasi dengan baik dan betul-betul memberi manfaat.

Pretasi ini akan memberikan semangat pada prodi-prodi lain kedepannya di UMBY untuk semangat meraih akreditasi unggul, yang saat ini sebagian besar sudah meraih akrediasti A,” ungkap Agus Slamet, Senin (14/11/2022).

Sementara, Dekan FKIP UMBY, Nuryadi, menambahkan predikat Unggul merupakan yang tertinggi pada sistem akreditasi saat ini. Untuk memperoleh predikat tersebut dibutuhkan syarat khusus serta waktu yang panjang dan perjuangan yang besar dari semua civitas akademika di dalamnya.

Ditambahkan Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY, Nafida Hetty Marhaeni, bahwa salah satu faktor pendukung dalam meraih akreditasi Unggul adalah banyaknya luaran (output) dari mahasiswa di tingkat internasional, maupun kancah nasional. Prestasi dikancah internasional mahasiswa pendidikan matematika UMBY menjadi pemakalah dalam beberapa seminar internasional, antara lain Multidiscipline International Conference bulan Februari 2022, International Conference on Education Innovation and Social Science pada Juni 2022, ASES: International Conference on Social Science pada 19-21 Agustus yang diselenggerakan di Kayseri, Turki, dan ASES: International Conference Social Science pada 14-16 Oktober 2020 di Canakkale, Turki.

“Selain itu, Pendidikan Matematika UMBY juga memiliki unggulan lain yaitu student mobility dan sertifikat kompetensi non akademik pendamping ijazah. Torehan prestasi mahasiswa Pendidikan Matematika, FKIP UMBY menjadi kontradiksi dengan persepsi di masyarakat bahwa matematika adalah momok karena mata pelajaran yang susah, rumit, dan membosankan,” terang Nafida.

Berbagai prestasi mahasiswa menjadi bukti bahwa, mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY dibekali, didorong dan didampingi untuk meraih prestasi semasa kuliah. Adanya wadah untuk pengembangan softskill dan hardskill mahasiswa seperti developer bahan ajar melalui Laboratorium Multimedia Pembelajaran Matematika, Bengkel Matematika, Klub Menulis, pendampingan persiapan ONMIPA PT menjadi salah satu alasannya.

“Pendidikan Matematika UMBY telah berkomitmen untuk membudayakan raihan prestasi mahasiswa sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas lulusan, artinya semua lulusan Pendidikan Matematika UMBY dipastikan memiliki minimal 1 prestasi sebelum lulus nantinya. Selain itu, mahasiswa dibekali kemampuan penting sebelum terjun didunia kerja, seperti public speaking, Bahasa Inggris, adaptasi teknologi, serta kemampuan berpikir logis, kreatif, kritis, teliti, dan cermat,” ungkapnya lagi. *) Sadur – Red G.SunArdhie

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.