Hemat Kertas, Mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY Ajari Siswa SMA N 1 Pengasih Dengan Liveworksheet

(Yogyakarta 14/09)  Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari pengaruhnya pada pembelajaran di sekolah. Sekolah dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada melalui software, website dan aplikasi pembelajaran. Seperti misalnya menggunakan quizizz, kahoot, moodle, appy pie, schoology, mentimeter, liveworksheet, dan lain sebagainya.

Liveworksheet merupakan website yang dapat mengubah lembar kerja tradisional menjadi lembar kerja online. Website ini sangat efektif dan efisien, terlebih dapat menghemat kebutuhan kertas yang biasa digunakan selama pembelajaran. Nyatanya, hal tersebut dibutuhkan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 1 Pengasih. Kulon Progo.

Zumrotul Istifadah salah satu mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY melalui siaran pers menuturkan ia membuat dan mengajar siswa SMA Negeri 1 Pengasih pada materi eksponen menggunakan liveworksheet.
Zumrotul Istifadah mengatakan bahwa siswa di SMA Negeri 1 Pengasih perlu mengeksplor berbagai jenis teknologi pembelajaran yang saat ini berkembang, salah satunya menggunakan liveworksheet.

“Awalnya, saya membuat lembar kerja siswa (LKS) berbantuan canva, kemudian divalidasi oleh guru, setelah direvisi barulah lembar kerja tersebut dikonversi pada website liveworksheet,” katanya.

Penggunaan liveworksheet pada pembelajaran mendapat respons positif dari guru matematika kelas X IPA SMA N 1 Pengasih, Bapak Drs. Rustam Jastana.

“Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat saya yang sebentar lagi pensiun perlu belajar dan beradaptasi dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, adanya mahasiswa Praktik Magang Pendidikan dari FKIP UMBY membuat saya mampu mengimbangi adanya perubahan yang ada dan pembelajaran disukai oleh siswa,” ujarnya

Selain itu, penggunaan liveworksheet ini juga memperoleh respons positif dari siswa karena mereka dapat langsung memperoleh hasil koreksian dari tugas yang dikerjakan.

Tak hanya oleh siswa dan guru, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga memperoleh respons baik dari Koordinator Pelaksana Magang Pendidikan SMA N 1 Pengasih, Bapak Suratna, S.Pd., M.Eng.

“Kami sangat berterima kasih kepada FKIP UMBY yang telah menjadikan mahasiswanya mampu mengembangkan berbagai jenis aplikasi pembelajaran, hingga karena kepekaan mahasiswa praktikan dalam mengemas bahan ajar, sekolah dapat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini,” ujarnya. *) Sadur Ayo Yogya.com -Rep. Nafida

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.