Inisiasi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Yogyakarta  (01/10)Ikahimatika Goes to Campus 2021 Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah usai melaksanakan kegiatan inisiasi program studi pada periode tahun akademik 2021/ 2022.

Kegiatan ini merupakan sebuah ucapan selamat datang kepada para mahasiswa-mahasiswi baru sekaligus juga memperkenalkan kehidupan lingkungan kampus khususnya Program Studi Pendidikan Matematika.

Ucapan selamat datang ini meliputi sambutan ketua program studi, sambutan ketua himpunan mahasiswa, perkenalan dosen, serta perkenalan IKAHIMATIKA yang mana organisasi ini merupakan organisasi yang secara khusus berisi mahasiswa-mahasiswa program studi pendidikan matematika seluruh Indonesia.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa baru saja tetapi juga Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang juga merupakan salah satu dosen pendidikan matematika UMBY, Ketua Program Studi, beberapa dosen pengajar, dan juga narasumber pengurus IKAHIMATIKA Wilayah IV.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring atau online melalui platform atau media zoom meeting. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan sebuah edukasi atau pengenalan program studi secra khusus. Kegiatan-kegiatan yang dimiliki oleh program studi, program-program kerja yang dimiliki, dan pengenalan fasilitas-fasilitas yang ada. “Kami memiliki 2 konsentrasi yaitu Multimedia Pembelajaran dan juga Etnomatematika, melalui 2 konsentrasi ini ada banyak program yang ditawarkan oleh program studi salah satunya melalui laboratorium multimedia pembelajaran dan bengkel matematika.

Selain itu, untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan mewujudkan misi program studi kami juga memiliki program unggulan yaitu student mobility. Program ini sempat terhenti karena pandemi, tetapi pada tahun ini kami akan mengusahakan kembali meskipun melalui konsep virtual.Student mobility ini memfasilitasi mahasiswa untuk dapat terlibat dalam kegiatan seminar internasional dibeberapa negara tetangga yang dekat seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.Output dari kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan tentang kegiatan perkuliahan diluar negeri dan juga kontribusi karya tulis berupa prosiding internasional atau jurnal internasional.

” Kata Melania Eva Wulanningtyas, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta dalam sambutannya.
Selain itu, ada pula sesi perkenalan himatika secara khusus himpunan mahasiswa pada program studi pendidikan matematika. Hal ini bertujuan agar mahasiswa-mahasiswi baru dapat terlibat dalam keorganisasian dimulai dari program studi.

Himatika ini nanti yang akan membantu teman-teman semua dalam mengembangkan diri melalui proses organisasi. “Melalui himatika, kita juga dapat memberikan sumbangsih dalam memajukan kegiatan-kegiatan atau rencana program studi sehingga pendidikan matematika dapat semakin berkembang dan dikenal di masyarakat.” Kata Kewia Primandani selaku Ketua Himatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta periode ini.

Selain itu adapula pengenalan Ikahimatika yang disampaikan secara khusus oleh pembicara Savira Nur Afnita yang merupakan pengurus Ikahimatika Wilayah IV. Savira menambahkan bahwa “teman-teman jangan pernah takut berorganisasi, karena melalui organisasi kita akan dapat mengembangkan diri dan itu merupakan bekal yang cukup baik bagi kita menapaki dunia pekerjaan setelah lulus kuliah”.
Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa baru dapat lebih memanfaatkan semua program dan sarana yang tersedia di kampus UMBY. Mahasiswa juga diharapkan dapat belajar mandiri dengan memahami semua aturan dan norma yang berlaku di lingkungan kampus. “Mahasiswa juga dapat terus mengembangkan diri untuk bisa menemukan jati dirinya sebagai seorang lulusan program studi pendidikan matematika yang sesuai dengan visi-misi program studi
” tambah Zumrotul Istifadah sebagai ketua panitia kegiatan ini (Rep. Melania Eva Wulanningtyas Red. G.SunArdhie)

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.