FKIP UMBY Ajak Mahasiswa Baru untuk Aktif dan Kreatif di Era Kenormalan Baru

(Yogyakarta, 14/9), Menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta menyelenggarakan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang diadakan pada hari Kamis, 9 September 2021  mengusung tema “Pahlawan untuk Diri Sendiri dan Menjadi Mahasiswa Aktif di Era Kenormalan Baru” bertujuan untuk Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma Perguruan tinggi.

Pada Awal acara dibuka oleh sambutan dari ketua PKKMB FKIP yaitu Aditya Rachman dan dilanjut oleh sambukan Dekan FKIP UMBY. Dalam kesempatan ini  Dekan FKIP UMBY, Nuryadi S.Pd.SI.,M.Pd. menyampaikan sambutan kepada mahasiswa baru “Mahasiswa diharapkan  Merubah pola pikirnya karena yang namanya mahasiswa lebih dominan yang nantinya akan merujuk suatu karya, dan suatu keilmuan yang dapat diterapkan dan berguna di masyarakat. Karena di dunia perkuliahan ini lebih mengedepankan model pembelajaran student centered learning (SCL) dan mengkaji suatu karya, apalagi dengan situasi society 5.0.

Kegiatan PKKMB FKIP diisi dengan penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan akademik di wilayah fakultas dan program studi, perkenalan kegiatan non-akademik dari himpunan mahasiswa program studi, serta webinar yang disampaikan oleh dua narasumber.

Terkait kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi, Drs. Suhirman, M.Pd., Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menekankan pada Mahasiswa untuk berproses sehingga bisa memberikan inovasi dalam proses pembelajaran karena pembelajaran itu harusnya konseptual bukan kontekstual sehingga nanti diharapkan pengetahuannya bisa melebar tidak hanya materi saja. Dikarenakan dalam pekerjaan nanti  diharuskan memiliki keseriusan, kesabaran, dan kedewasaan.

Sementara itu narasumber kedua, Zona Asha Tigara S.Pd.,  alumni FKIP UMBY yang sekarang (PEKERJAAN SEKARANG?) bekerja di JT Digitally menyampaikan materi mengenai keterampilan atau skill yang dibutuhkan di dunia kerja seperti critical thinking, marketing, analytical reasoning, yang kadang tidak didapatkan di bangku kuliah. “Pada saat kuliah, mahasiswa bisa sambil bekerja, berjualan, mengikuti lomba apa saja. Jangan terpaku pada bidang ilmu atau program studi yang dipilih karena dari kegiatan-kegiatan tersebut membuat diri kita banyak belajar dan mendapatkan skill yang berguna saat kita lulus nanti.”

Acara PKKMB FKIP berlangsung secara meriah yang diikuti 102 Mahasiswa Baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Rep. Aditya- Red G. SunArdhie)

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.