Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UMBY Diseminasikan Hasil Penelitiannya di Konferensi Nasional dan Internasional

(Yogyakarta 24/8), Bulan Agustus merupakan bulan yang ditunggu-tunggu bagi mahasiswa tingkat akhir mengingat bulan tersebut merupakan penentuan apakah mahasiswa bisa menyelesaikan tugas akhirnya dan layak untuk mengikuti yudisium sesuai kalender akademik Universitas Mercu Buana Yogyakarta  (UMBY) T.A. 2020/2021.

Di tengah hiruk pikuk bulan Agustus tersebut, Sabtu, 7/8/2021 dan 14/8/2021, sejumlah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMBY berhasil mendiseminasikan hasil penelitiannya di konferensi virtual berskala nasional dan internasional yang diadakan oleh perguruan tinggi di Indonesia; diantaranya 2nd Conference of English Literature EDSA Universitas Tidar Magelang, 7th English Language Teaching and Technology National Conference UNP Kediri dan Siliwangi International English Conference Universitas Siliwangi.

Dengan mengusung topik beragam membuat mahasiswa PBI UMBY berkesempatan menjadi presenter di konferensi tersebut. Tak hanya dari UMBY, konferensi tersebut juga dihadiri oleh presenter dari banyak universitas dan praktisi pendidikan di Indonesia bahkan luar negeri. Selain itu, konferensi berskala nasional dan internasional ini menghadirkan pembicara (keynote speaker) dari berbagai ruang lingkup bahasa Inggris yang memungkinkan para partisipan untuk menggali ilmu lebih dalam ruang lingkup bahasa Inggris. “Kami memang memotivasi  mahasiwa kami untuk mengikuti konferensi nasional maupun internasional yang tidak hanya sebagai peserta tetapi sebagai pemakalah atau presenter dari tulisan ilmiah yang sudah mereka buat. Keikutsertaan mahasiswa ini  juga kami apresiasi dengan kebijakan yang diatur oleh Prodi PBI supaya ada luaran artikel yang dihasilkan oleh mahasiswa kami yang memang layak untuk dipublikasikan,” ungkap Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Alfianita Pramudyani, salah satu mahasiswa PBI UMBY yang mengikuti konferensi menyampaikan, “Inilah kali pertama bagi kami menjadi presenter dalam konferensi berskala nasional dan internasional. Meski merasa gugup di awal kami berusaha dan mencoba semampu kami untuk menampilkan yang terbaik karena ini merupakan tantangan baru bagi kami untuk mempresentasikan karya kami di ruang publik.”

Meski dilaksanakan di waktu yang berbeda tak menyurutkan semangat para mahasiswa PBI UMBY untuk saling menyemangati saat menyampaikan hasil karya ilmiah mereka di konferensi tersebut. Diadakan secara virtual melalui Zoom, acara konferensi berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme dari para partisipan yang mau mengikuti acara dari awal hingga akhir serta menyampaikan pertanyaan dari setiap presenter (G.Sun-Ardhie)

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.