Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMBY Selenggarakan Konsolidasi Mitra Magang

(Yogyakarta 23/8), Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI UMBY) telah melaksanakan pertemuan konsolidasi dengan mitra seperti Yureka Edukasi Cipta (YEC), Bee Rich dan JF Auto Wear. Pertemuan ini merupakan respon prodi PBI UMBY dalam implementasi Permendikbud No.3 Tahun 2020 tentang standar nasional perguruan tinggi. Adapun program magang Prodi PBI UMBY akan dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2021.

Program Magang atau Proyek Kerja ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran dari Kemdikbudristek tentang program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Untuk prodi PBI UMBY, program ini dilakasanakan dengan tujuan sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman rill dalam dunia industri yang akan mereka hadapi setelah menyelesaikan studi. “Mahasiswa akan mendapatkan kemerdekaan atau hak untuk menentukan bidang industri yang mereka sukai dan skills yang akan mereka pelajari. Dari sini mahasiswa bisa bereksplorasi dan berkontribusi secara langsung dalam dunia kerja” imbuh Elysa Hartati, M.Pd., ketua prodi PBI UMBY.

Dalam pertemuan tersebut, Daniel A Widhiatama, M.Hum. selaku ketua divisi magang prodi PBI UMBY memaparkan latar belakang penyelenggaraan dan tujuan  program magang. Beliau juga menjelaskan keuntungan bagi kedua belah pihak baik prodi PBI UMBY maupun Mitra jika program magang ini dilaksanakan. Untuk mitra, keuntungan yang bisa didapat dari program ini adalah mendapatkan alternatif solusi rekrutmen yang ideal, sehingga organisasi mitra bisa beralih dari sistem seleksi tradisional yang kurang efisien serta meningkatkan employer branding di mata talenta muda Indonesia. Selanjutnya, keuntungan yang bisa didapat oleh mahasiswa peserta magang adalah mendapatkan gambaran nyata tentang dunia kerja dan keberlanjutan karir, dapat membangun dan memperluas koneksi, serta keterlibatan langsung dan mendalam dalam dunia kerja.

Dalam sesi diskusi, Animna Husna, S.I.A yang merupakan Managing Director dari YEC memaparkan alasan tentang kesediaan menjadi mitra bagi PBI UMBY. Beliau percaya bahwa PBI UMBY mampu membentuk dan mengasah kemampuan mahasiswa untuk bersaing dalam dunia kerja. Beliau juga sudah melihat kualitas dari salah satu Alumni PBI UMBY yaitu Reni Septiana, S.Pd. yang merupakan salah satu karyawan dari YEC dan menduduki posisi sebagai Project Manager. Selanjutnya, Jeffry Y Fransisco, S.T. selaku CEO dari JF Auto Wear juga menyambut positif program magang ini. Beliau berpandangan bahwa program ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiwa dalam persiapan berkompetisi di dunia kerja. Dengan keterlibatan langsung, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang nyata dan dapat digunakan sebagai referensi untuk menentukan keberlanjutan karir mereka kedepannya.

Akhir dari pertemuan ini adalah pembahasan MoU antara PBI UMBY dan mitra. Hal-hal esensial seperti kewajiban dari pihak PBI UMBY dan mitra terus didiskusikan dengan intens sehingga nantinya akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang fair dan clear sehingga mahasiswa juga mendapatkan hak konversi mata kuliah dari program ini. (G.Sun-Ardhie)

 

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.