Mengurangi Tingkat Stres Akibat Pandemi Covid-19 dengan Deteksi Psikologis

(yogyakarta, 24/6), Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengangkat topik “Pentingnya Mendeteksi Kondisi Psikologis Selama Masa Pandemi”. Kegiatan pengabdian yang dilakukan pada tanggal 14 Juni 2021 ini, merupakan kerjasama pengabdian yang dijalin dengan pihak Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan yang dilakukan bersama guru-guru Matematika dan IPA Muhammadiyah Boarding School Pleret. Acara dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi google meet.

Dalam kegiatan ini Arie Purwanto, S.Pd., M.Sc. pengabdi, sekaligus dosen pendidikan matematika UMBY selaku pembicara utama memaparkan tentang kondisi Indonesia dan negara-negara lain dalam dalam penanggulangan pandemi. Menurutnya berdasarkan hasil analisis grafik dapat dikatakan Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia dalam hal vaksinasi. Selain itu, dapat dikatakan bahwa kondisi saat ini menujukkan bahwa sekitar 1:143 orang di Indonesia dinyatakan positif COVID-19, dan hal itu merupakan hal yang harus diwaspadai. Oleh karena itu penting kiranya mendeteksi kondisi psikologis terutama stress selama masa pandemi. Hal ini dilakukan karena dampak stress yang dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, tidak terkecuali COVID-19. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen pengukuran tingkat stress yang salah satunya adalah DASS 21. Intrumen DASS 21 salah satu alternatif yang tepat dalam mendeteksi kondisi psikologis. Hal ini disampaikan berdasarkan hasil riset gabungan tim FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada bulan Mei 2020.

Terakhir, kegiatan pengabdian ini mendapatkan respon yang luar biasa dari Bapak Ibu Guru serta pihak sekolah MBS Pleret. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal acara sampai selesai. Harapannya, ada kegiatan pengabdian lanjutan dengan topik lain yang dihadirkan kepada Bapak Ibu Guru guna memperluas pengetahuan bersama

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.