Melalui Zoom Meeting Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMBY Menggelar English PAL Mentor Training

(yogyakarta, 30/4), Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta kembali akan menjalankan program baru yang bernama English PAL (Practice and Learn) guna menggencarkan ketersediaan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu yang mereka pelajari di kampus sekaligus untuk mengasah soft skill yang mereka miliki dengan cara melakukan pendampingan pembelajaran bahasa Inggris antar sesama mahasiwa dan pelajar SMA/SMK. Program ini dijalankan oleh Divisi Mentorship, Komisi IV Kemahasiswaan program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Mercu Buana Yogyakarta Kampus I Jl. Wates Km 10 Argomulyo Yogyakarta. Kata PAL diambil dari kata dalam bahasa Inggris yang berarti  sahabat/teman. Ini merujuk pada program English PAL yang juga melakukan program peer mentoring (pendampingan rekan).

Tak berhenti dengan membantu mahasiswa dan pelajar SMA/SMK dalam belajar bahasa Inggris saja, program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan prodi PBI kepada masyarakat luas. program English PAL telah melakukan persiapan dengan melaksanakan mentor training yang sudah dilakukan  2 kali yaitu pada tanggal 10 dan 24 April 2021. Kegiatan ini akan dilaksanakan 2 minggu sekali melalui platform Zoom Meeting bersama  dua dosen pembimbing English PAL yaitu Restu Arini SPd MPd dan Valentina Dyah Arum Sari SPd MHum akan terjun langsung mendampingi para mahasiswa PBI yang menjadi mentor.  Kegiatan Mentor Training  merupakan agenda kegiatan dari English PAL, ada 8 mentor yang telah disiapkan sebelumnya untuk menjalankan pelatihan mentor bersama mentor lain yang merupakan alumni Pendidikan Bahasa Inggris UMBY. Mereka belajar tentang tehnik mengajar yang baik seperti cara berkomunikasi dengan mentee/peserta, cara menyampaikan materi, dan sebagainya. Pelatihan mentor ini dilaksanakan secara intensif untuk menyiapkan mentor yang profesional dan berkualitas serta siap untuk berdinamika bersama di program English PAL pada bulan Mei mendatang.

“Menurut saya dengan adanya English PAL, diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan pelajar SMA/SMK  dalam menentukan pilihan kegiatan pengembangan diri yang atraktif, interaktif, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris guna mendukung prestasi daya saing lulusan. Selain itu, English PAL hadir sebagai tempat untuk merekatkan hubungan antar mahasiswa pendidikan bahasa Inggris UMBY dari semua tingkat semester untuk bersinergi bersama melalui kegiatan positif,” tambah Bayu Prasetyo selaku koordinator program English PAL. (G.Sun-Ardhie)

 

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.