Jaga Kualitas Pengajaran Daring

Oleh Ruly Ningsih, M.Pd

(Yogyakarta, 22/8) Era pandemi Covid-19 telah mengejutkan banyak pihak tak terkecuali guru disekolah. Pandemi membuat proses belajar mengajar disekolah terhambat karena pelarangan kegiatan yang bersifat tatap muka demi mengurangi potensi penularan. Selain dampak negatif tersebut, ternyata pandemi Covid-19 juga membawa dampak positif dimana para guru di-akselerasi untuk masuk kedalam revolusi 4.0 lebih cepat dari seharusnya melalui tuntutan kerja yang serba digital. Tentu para guru dalam hal ini perlu bereaksi cepat dengan menyesuaikan kebutuhan zaman dan faktor kondisi lingkungan dengan tetap menjaga kualitas pengajaran secara daring.

Salah satu warga sekolah yang terdampak layanannya yakni guru Bimbingan dan Konseling, dituntut untuk mengubah bentuk layanannya menjadi berbasis digital. Tuntutan ini bukan tanpa tantangan, dimana layanan Bimbingan dan Konseling yang sangat komprehensif dan mendasar, harus diterjemahkan para guru kedalam bentuk-bentuk yang bisa diakses oleh para siswa dari rumah. Penggunaan media BK menjadi sangat penting untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan oleh guru BK bisa diterima dengan baik oleh para siswa.

Dosen prodi Bimbingan dan Konseling, UMBY, dalam upayanya untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian), telah mengadakan pengabdian pada masyarakat untuk membantu para Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan media BK berbasis aplikasi online Canva. Kegiatan ini bekerja sama dengan MGBK-MA (musyawarah guru Bimbingan dan Konseling Madrasah Aliyah) Yogyakarta dan telah terlaksana pada Kamis, 13 Agustus 2020 melalui Zoom App. Pada kegiatan tersebut hadir secara virtual sekitar 50 orang para guru BK dan mahasiswa BK yang tidak hanya berasal dari Yogyakarta, namun juga luar Yogyakarta.

Ketua MGBK-MA se-DIY, Failasufah, M.Pd.I, dalam sambutannya menyambut baik acara ini dan berharap para peserta dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan tersebut. Kaprodi Bimbingan dan Konseling, UMBY, Luky Kurniawan, M.Pd, yang juga merangkap sebagai salah satu pembicara dalam acara ini menyampaikan pentingnya pembuatan media BK yang terkonsep dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan para siswa. Media BK yang akan dibuat, disesuaikan dengan pedoman pengembangan media BK untuk menjamin kualitasnya. Beliau juga menjelaskan bahwa pelatihan ini hanyalah gerbang awal dimana para guru BK yang harus kreatif dan mandiri untuk mengembangkan media BK dirumah.

Ruly Ningsih, M.Pd, Dosen Prodi BK, UMBY sebagai salah satu pembicara menyampaikan dalam pemaparannya menjelaskan bentuk-bentuk media BK yang kekinian dan disenangi para siswa. Hal ini sangat berguna agar Guru BK mengetahui bentuk-bentuk media BK terbaru selain yang selama ini telah dikembangkan seperti podcast, video, dan mengundang influencer. Pembicara terakhir dalam pelatihan ini, Dhanang Suwidagdho, M.Pd, memaparkan mengenai aplikasi canva itu sendiri dan langkah-langkah dalam pengembangan media menggunakan aplikasi Canva. Dhanang mempraktikkan pembuatan media menggunakan canva yang sangat mudah dipelajari dan mampu menghasilkan media BK berbentuk poster yang menarik.

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.