BK UMBY Gelar Pelatihan Penyusunan Program Layanan

(Yogyakarta, 15 Juli 2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) memutuskan belajar di rumah atau dikenal dengan (BDR) sejak pandemi Covid-19 ditetapkan di Indonesia. Bagaimana dengan layanan bimbingan dan konseling (BK) di dalam konteks penerapan New Normal ? Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku BK, konsultan pendidikan BK dan guru-guru BK.

Permendikbud 111 tahun 2014 menyatakan bahwa BK merupakan usaha bantuan yang dilaksanakan oleh konselor atau guru BK sesuai tugas pokoknya dalam membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, khususnya membantu peserta didik/konseli dalam mencapai perkembangan diri yang optimal, mandiri, sukses, sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya.

Melihat kondisi saat ini, Prodi BK UMBY menyelenggarakan pelatihan penyusunan program layanan BK. Acara ini mengusung tema ‘Merancang Program Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Penerapan New Normal di Era Pandemi Covid-19’, dengan melalui online dengan media Zoom.

Narasumber dalam acara ini adalah Kaprodi Bimbingan dan Konseling UMBY, sekaligus penulis buku program layanan bimbingan dan konseling komprehensif, serta buku program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) Luky Kurniawan S.Pd., M.Pd. dan dimoderatori oleh salah satu Dosen BK UMBY Dhanang Suwidagdho S. Pd., M.Pd.

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para guru bimbingan dan konseling tetap dapat mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling secara optimal selama pandemi covid-19, alternatif kegiatan layanan bimbingan dan konseling dapat didisain secara online maupun offline dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.