PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMBY GELAR BIMTEK TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

(Yogyakarta 23/12) Dalam rangka memberikan edukasi kepada calon pendidik maupun pendidik terkait perkembangan teknologi informasi terkini, Prodi Pendidikan Matematika UMBY menggelar Bimtek Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika, Kamis (19/12/19) di Ruang Puskom Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Bimtek yang bertemakan “Implementation Mathematics in 4.0” ini mengenalkan bagaimana membuat perangkat pembelajaran matematika menggunakan visual block coding. Materi langsung disampaikan oleh Jakim Wiyoto, S.Si dan Anang Heni Tarmoko, S.Sos., M.Sn selaku pengelola bidang pengembangan perangkat pembelajaran Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

            Menurut Nuryadi, S.Pd.Si, M.Pd, Koordinator PPMPM (Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika) UMBY, bimtek ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan tidak hanya satu kali. Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni pendidikan matematika UMBY akan mendapatkan pelatihan langsung dari PPPPTK. Beberapa alumni pendidikan matematika UMBY sudah bekerja di dunia pendidikan, mulai dari guru hingga kepala sekolah. “Setelah kegiatan ini selesai, diharapkan nantinya peserta yang terlibat mampu menerapkannya dalam pembelajaran matematika di kelas, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komputer,” jelas Nuryadi. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa teknologi Augmented Reality yang dirancang akan memungkinkan pendidik untuk dapat menampilkan objek matematika secara 3D.    

            Adanya kolaborasi antara media pembelajaran dan teknologi Augmented Reality merupakan salah satu upaya kreatif dan inovatif yang dapat ditawarkan pada peserta didik. Luaran dari kegiatan bimtek ini adalah tidak hanya menghasilkan aplikasi AR yang bisa dijalankan di smartphone tetapi juga bahan ajar matematika. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, materi pembelajaran matematika dapat terlihat lebih nyata dan bisa meningkatkan animo peserta didik dalam mempelajari matematika. Beberapa software yang digunakan selama bimtek diantaranya 3Sweep, Paint 3D, OpenSCAD, dan TinkerCAD. Penggunaan Augmented Reality dapat memberi unsur “fun” dalam pembelajaran matematika. Penguasaan konsep aplikasi matematika perlu lebih difokuskan dibandingkan mekanisme kalkukasinya sendiri, sebab matematika bukan hanya menghafal rumus. Oleh karena itu, bimtek ini sangat bermanfaat bagi pendidik maupun calon pendidik yang ingin menggunakan matematika dalam mensimulasikan ide-ide mereka. Banyak hal bisa dilakukan melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, mulai dari pemodelan 2D, proyeksi 3D, hingga algoritma pemograman yang kompleks.

Written by 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.